Blog

Kok Mompa Ban Gitu, Bang?

ban-kempes

Kenapa ya tiap kali saya mompa ban di pinggir jalan, di tempat si abang biasanya nongkrong dengan kompressornya, selain diukur pake tire pressure gauge juga dikasi ludah.

Iya, DIKASI LUDAH, sodara-sodara !

Kalau saya nanya “Bang, kok dikasi ludah?” jawabnya selalu “buat ngecek bocor apa nggak.”

Buat ngecek bocor? oke bisa diterima. Karena dengan adanya gelembung ludah (sumpah gak enak banget nih nulis gelembung ludah. Dari pada saya nulis ‘cairan iler’?) bisa ketahuan ada angin yang keluar dari pentil apa tidak. Meskipun jawabannya masih tidak bisa diiyakan oleh akal sehat saya. Lha gimana mau ngecek? begitu habis nambah angin, dikasi ludah, langsung ditutup pentilnya, yang mana ketiganya dieksekusi dalam durasi yang sangat cepat. Kapan ngecek bocornya? Apa itu udah jadi ritual mompa ban?

Saya jadi mikir, mungkin perlu diadakan penelitian tentang apakah zat yang terkandung dalam iler bisa membantu pentil ban bekerja lebih pakem dan menghindari kebocoran tingkat lanjut.

Ah, aja-aja ada..

15 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *