Blog

Streetballers Have no Identity

Bulan Ramadhan tahun ini saya bertekad tidak bolos tarawih. Tapi ternyata tekad saja tidak cukup, buktinya di hari yang kelima ini saja saya sudah bolos sekali. Kecapekan pulang kantor agak larut.

Jadi begini. Saya senang nonton acara streetball. Kebetulan di Indonesia ada yang mewadahi dengan even skala nasional. Pesertanya diseleksi dari tiap-tiap daerah perwakilan. Permainannya khas pebasket jalanan. Liar, cepat, atraktif dan menarik. Sempat juga saya nonton langsung waktu penyelenggaranya, LA Lights adakan acara streetball di sini. Tapi itu tidak cukup menarik perhatian saya. Yang menarik justru fakta bahwa hampir semua peserta streetball punya alias. Check this :

Vicky a.k.a Poison-V
Bayu a.k.a. Lunatic
Rico a.k.a. Spinboy
Tiko a.k.a Straight Basket
Ijal a.k.a Nightmare
Andika a.k.a Department of Defense
Bicek a.k.a Demolition
Roland a.k.a Anything U Need
You may find more here.

Wow.. No offence, yah. It really sounds cool. Hanya saja, kenapa juga mesti pakai alias. Meskipun memang pastinya bermaksud untuk menonjolkan kelebihan, misalnya “departemen of defence” atau “demolition” yang tanpa perlu dicerna lebih banyak bisa menjelaskan kemampuan pemain ini, tapi di sisi lain justru menghilangkan jati diri mereka which is ‘their name’. Entahlah bagi kalian, tapi bagi saya ini konyol aja.

Penggunaan alias di streetball juga cuma berlaku di streetball. Lalu bagaimana seandainya ada pemain streetball yang juga main sepakbola, dan tennis, dan renang, dan karate, dan balap motor, dan catur. Kalau itu saya, mungkin alias saya akan seperti ini :

Ucha a.k.a. Speed a.k.a. Funtastic a.k.a. Straight a.k.a. Torpedo a.k.a. Hard a.k.a. The Proffessor a.k.a. Checkmate.

Saya harus menghafal penempatan alias ini supaya gak tertukar dan menghindari munculnya pertanyaan seperti :

“Liat gak, yang juara MotoGP semalam? gila banget main di tikungannya.”
“Siapa?”
“The Professor..”
“Yang mana? Bukannya yang menang semalam si Checkmate?”

Lupakan alias, karena alias bukan identitas anda sebenarnya.

11 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *